Home  / Ekonomi & Keuangan
Keren, Bank Sampah Bengkalis Bisa Tukar Token Listrik
Jumat, 22 Februari 2019 11:41
RIAUONLINE.CO.ID
Agustian memperlihatkan hasil kerajinan tangan yang bahan bakunya dari daur ulang sampah pelastik

BENGKALIS - Selain mendapatkan penghasilan tambahakn untuk masyarakat, Bank Sampah Berseri Kota Bengkalis kini bisa ditukar dengan token listrik.

Bank Sampah Berseri dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis menciptakan agar lingkungan lebih bersih serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

"Ini berbentuk tabungan, selain menambah penghasilan masyarakat saat mereka menukarkan sampah disini selanjutnya setelah nanti mencukupi bisa ditukarkan dengan token listrik," kata Agustian bagian administrasi Bank Sampah Berseri ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 21 Februari 2019 jalan Hasanudi Bengkalis.

Konsep pengelolaan di bank sampah dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten ini, lanjut Agus, sampah yang terkumpul akan didaur ulang menjadi kerajianan. Dari tangan pengrajin berjumlah 9 orang, sampah sampah plastik tersebut disulap menjadi tas, vas bunga, bunga hiasan serta lainya yang mempunyai nilai ekonomis yang berharga dari sebelumnya.

"Untuk harga sampah pelastik seperti botol minuman,kardus serta kertaa koran dihargai Rp 300-400 perkilonya. Selanjutnya setelah memenuhi target maka bisa digantikan dengan token listrik atau berupa uang," ungkapnya.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa kerjasama yang telah dilakukan selain antar dinas, Bank sampah berseri inipun melakukan terobosan ke sekolah sekolah yang ada di kota Bengkalis. Dikatakan Agus, tujuanya juga supaya menerapkan lingkungan bersih dengan tidak ada sampah.

"Kita juga telah melakukan kerja sama ini ke setiap sekolah. bahkan sampah sampah yang dikumpulkan tersebut setiap minggunya kami langsung yang mengambil," pungkasnya.


Artikel ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Bank Sampah Berseri Bengkalis Bisa Ditukar Dengan Token Listrik

Terbit juga di KUMPARAN dengan judul: Di Sini, Sampah-sampah Ditukar dengan Token Listrik

 

 


Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com
BERITA TERKAIT:
Pleno Kecamatan Mandau, PKS Kuasai 4 Kursi
Ketua MUI Kecamatan Bengkalis: Abaikan Ajakan People Power
Suaminya Ditetpakan Tersangka Oleh KPK, Istri Amril Mukminin Menangis di Safari Ramadan
Irmi Sakip Tegaskan KNPI Bengkalis Menolak Gerakan People Power
Ketua LAMR kab Bengkalis di Sebut Gerakan People Power Ancam Keutuhan Bangsa


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
2014 merantione.com, All Rights Reserved.