Home  / Olahraga
Kadisparpora Temui Pengurus LAMR Meranti, Ini Yang Dibahas
Selasa, 14 Agustus 2018 17:22
SELATPANJANG – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepulauan Meranti Riski Hidayat, didampingi Kabid Bidang Pemuda Olahraga, Kabid Pariwisata dan Kabid Ekonomi Kreatif, mengujungi Balai Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Senin (14/8/2018) pagi.

Kedatangan Kadis dan rombongan tersebut disambut langsung oleh Ketua DPH dan MKA LAMR Kepulauan Meranti, Datuk Seri Muzamil Baharuddin dan Datuk H. Ridwan Hasan serta beberapa pengurus inti dari unsur MKA LAMR.

Kedatangan Kadisparpora ke LAMR diketahui untuk melakukan silaturahmi dalam rangka membangun sinergi antara Disparpora dan LAMR dibidang pariwisata, seni dan budaya.

Pihak Disparpora mengharapkan dukungan, masukan dan saran dari LAMR dalam melakukan upaya penggalian, pelestarian dan peningkatan potensi pariwisata, seni dan budaya di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sebagimana disampikan oleh Kadisparpoa Riski Hidayat dalam perbincanganya, sebagai OPD yang membidangi pariwista sangat mengharapkan tunjuk ajar dari LAMR terhadap rencana program dan kegiatan yang akan dibuat Disparpora.

Lebih lanjut Riki Hidayat memaparkan, kedepanya kegiatan Disiparpora akan sangat berkaitan dengan LAMR. Program-program yang potensial yang ingin dikembangkan pemerintah yakni pariwista berbasis budaya pastilah akan berkaitan dengan LAMR sebagai rumah dan orang tua untuk berembuk dan meminta padangan terhadap program yang direncanakan tersebut. Agar antara upaya peningkatan potensi wisata daerah tetap sinkron dengan upaya pelestarian adat, budaya dan kearifan lokal daerah.

Sementara itu, Ketua DPH LAMR Kepulauan Meranti Datuk Seri Muzamil Baharuddin sangat mengapresiasi kujungan yang dilaksanakan oleh Disparpora ke LAMR.

Muzamil mengatakan, pada dasarnya LAMR siap membantu upaya peningkatan potensi wisata yang dilakukan Disparpoa. Beliau mengatakan LAMR siap memberikan dukungan, nasehat dan arahan selagi dalam bingkai adat dan budaya melayu.

Selanjutnya Muzamil juga menyampaikan agar upaya dalam melakukan peningkatan potensi wisata dan budaya harus dilakukan secara terukur antara waktu, proses, output dan outcomeprogram tersebut. Beliau mengharapkan kegiatan yang dilakukan tidak perlu terlalu banyak. Biarpun sedikit tapi jelas hasilnya, nampak dan bisa dirasanakn menfaatnya bagi masyarakat.

Ketua LAMR Kepulauan Meranti Datuk Seri H. Ridwan Hasan juga memberikan masukan terhadap rencana dan program Disparpora. Beliau mengatakan agar Disparpora dapat membuat rencana–rencana program yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan tetap mempertahankan Adat Melayu Riau yang akan diturunkan ke anak cucu kedepan.

Pada kesempatan yang sama, H. Ridawan Hasian juga menngharapkan pemerintah dalam hal ini Disparpora agar jeli dalam melihat dan mendapatkan peluang dari pihak-pihak lain seperti bantuan dari puaat.

Dalam perbicangan rapat tersebut juga dibahas kesepakatan beberapa program yang realistis untuk dilaksanakan dalam waktu terdekat. Diantaranya adalah rencana kegiatan Car Free Day, latihan Marawis, dan Albarzanji.(rls)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
© 2014 merantione.com, All Rights Reserved.