Home  / Pemerintah Daerah
Isra Miíraj Momentum Tingkatkan Imtaq
Kamis, 04 April 2019 10:37
MERANTI - Ratusan umat Islam di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, berkumpul di Masjid Agung Darul Ulum, Rabu (3/4/2019) malam, untuk memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan  Isra Mi'raj, kali ini menghadirkan penceramah dari Kota Pekanbaru, Ustadz K, H, Zulhusni Domo, juga selaku Sekretaris Umum MUI Riau.

Tampak hadir Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum H, Rosdaner, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti Muzamil Baharudin, Wakapolres Kepulauan Meranti Kompol Irmadison, Ketua MUI H, Mustafa S.Ag, pengurus masjid, para Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti.

Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten III Rosdaner, mengimbau kepada masyarakat untuk memaknai peringatan Isra Mi'raj dengan mengaplikasikan akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

"Mari kita manfaatkan peringatan Isra Mi'raj ini sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan (imtaq) kepada Allah SWT," ujar dia.

Menurutnya, peringatan Isra Mi'raj jangan hanya sekedar seremonial, tapi harus menjadi pelajaran bagi seluruh umat untuk senantiasa memperbaiki diri.

"Dengan Isra' Miraj mari memperbaharui iman kita, perbaiki kualitas ibadah, sebagaimana Nabi Muhammad menjemput kewajiban sholat bagi umatnya, dalam rangka melaksanakan perintah Allah menjauhi diri dari kemungkaran," ucapnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Rosdaner mengucapkan selamat memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H /2019 M.

"Momen Isra Mi'raj ini, kita sebagai umat Islam harus melakukan dua transformasi, pertama spiritual artinya harus tunduk dan taat kepada perintah Allah, kedua transformasi sosial yakni senantiasa melakukan perubahan atas kekhilafan menuju kesholehan agar hidup senantiasa diridhoi Allah," ujarnya.

Rosdaner juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kepulauan Meranti yang tidak lama lagi menghadapi bulan Suci Ramadhan untuk bersama-sama mensucikan diri, perbanyak sedekah dan berbuat baik sesama umat muslim.

"Mari kita gunakan sisa umur yang diberikan oleh Allah untuk melaksanakan aktivitas sesuai norma agama agar menjadi manusia yang cerdik, seperti dikatakan Nabi Muhammad, sebaik-baik manusia adalah orang yang dipanjangkan umurnya dan baik amalannya," pungkasnya.

Acara selanjutnya diisi dengan ceramah agama oleh Ustadz K, H, Zulhusni Domo, yang isi tausiyahnya menjelaskan tentang Isra Mi'raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dalam waktu satu malam.

Di antara poin penting dari ceramah K, H, Zulhusni Domo adalah keutamaan salat. Salat, kata dia, merupakan ibadah wajib yang harus senantiasa diajarkan kepada generasi muda.

"Melalui peringatan Isra Mi'raj ini, semoga kita bisa memperkokoh keimanan dan keyakinan kepada Allah SWT," katanya.

Kemudian, dia juga memaparkan soal persiapan umat muslim dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H/ 2019 M, mulai dari mengganti puasa yang batal di tahun sebelumnya dengan membayar fidyah, serta memperbanyak puasa di bulan sya'ban.

"Peringatan Isra dan Mi'raj menjadi momentum tepat dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah. Semoga nilai-nilai yang terkandung dalam Isra Miraj ini dapat diserap dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," harapnya. (Adv)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
© 2014 merantione.com, All Rights Reserved.