Home  / Berita
Kades Minta RT dan RW Aktif Jaga Lingkungan
Rabu, 06 Maret 2019 17:32
LMERANTI - Peran Ketua RT dan RW sangat dibutuhkan dalam menjaga kondusifitas wilayah masing-masing. Selain harus lebih mengenal warga mereka, Ketua RT dan RW juga wajib melakukan pengawasan terhadap aktivitas yang terjadi di lingkungannya, serta mendata bagi warga pendatang.

"RT dan RW memiliki peran yang sangat strategis, utamanya sebagai mitra desa dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, serta sebagai wadah untuk memberdayakan masyarakat," ungkap Kepala Desa Tanjung Pisang, Seliyanto, Rabu (6/3/2019).

Di Desa Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putripuyu, Kepulauan Meranti, Riau terdapat 9 RT dan 4 RW. Kades berharap, Ketua RT dan RW yang ada di desa tersebut mampu memberikan pelayanan terbaik dan aktif menjaga kondusifitas di setiap wilayah kerjanya.

"Tanpa dukungan RT dan RW, dalam menata pemerintahan yang baik, aman dan tentram amat sulit diwujudkan," jelas dia.

Tidak hanya itu, sambung Seliyanto, untuk masalah gaji setiap Ketua RT/RW tiap bulannya bersumber dari Anggaran Desa, sehingga eksistensi lembaga masyarakat ini perlu terus dibina, diperkuat dan diberdayakan.

Sementara itu, Anggota Bhabinkamtibmas Desa Tanjung Pisang, Brigadir Sisunardi mengatakan, semua pihak wajib terlibat dalam memelihara kondusifitas. Ini penting mengingat seiring perkembangan suatu wilayah.

"Terutama Ketua RT dan RW, yang berhadapan langsung dengan warga. Misalnya dalam menyelesaikan suatu masalah yang terjadi di tengah masyarakat," ujarnya.

Dia menilai, RT dan RW di Desa Tanjung Pisang sangat aktif dalam menjaga lingkungan masing-masing. Bahkan, setiap akan ada kegiatan selalu duduk bersama.

"Salah satu tugas polisi adalah menjamin rasa aman bagi masyarakat, namun hal tersebut tidak dapat terwujud kalau polisi bekerja sendiri tanpa partisipasi masyarakat," jelas dia.(nur)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
2014 merantione.com, All Rights Reserved.