Home  / Berita
Imigrasi Akan Bangun Pos UKK di Tanjung Samak
Senin, 18 Maret 2019 21:39
MERANTI - Pelayanan administrasi yang cepat, efisien dan nyaman menjadi kebutuhan masyarakat di era modern saat ini, dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di bidang keimigrasian, pelayanan warga negara dan asing serta pengawasan.

Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Riau khususnya Kantor Imigrasi Kelas II TPI Selatpanjang, akan membangun Pos Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di Tj. Samak Kec. Rangsang. Dan, rencana ini disambut baik oleh Pemkab. Meranti yang siap memfasilitasi pembangunan Pos pelayanan tersebut.

"Harapan kami seperti yang pernah disampaikan oleh Pak Bupati, masyarakat  Meranti yang ingin bekerja di luar negeri mendapatkan pelayanan prima khususnya di Bidang Ke Imigrasian, untuk itu Pemkab. Meranti siap mendukung sarana dan prasara yang diperlukan," ujar Sekda Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, saat Rapat Koordinasi bersama Ka. Kanwil Kemenkum HAM Riau HM. Diah SH MH dan jajaran, di Ruang Melati Kantor Bupati, Senin (18/3/2019).

Turut hadir dalam Rapat itu, Kabag Hukum Pemkab. Meranti Sudandri SH, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH, Bagian Tata Pemerintahan, serta Jajaran Pejabat Kanwil Kemenkum HAM Riau dan Imigrasi Selatpanjang.

Seperti dijelaskan Ka. Kanwil Kemenkum HAM Riau, HM Diah, tujuan pihaknya mendirikan Pos UKK Imigrasi, adalah dalam rangka memperkuat komitmen Kemenkum HAM Riau dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya di Bidang Ke Imigrasian diwilayah Tj. Samak Kec. Rangsang, Kepulauan Meranti.

"Dengan begitu Pelayanan Ke Imigrasian warga negara dan asing serta pengawasan dapat ditingkatkan apalagi wilayah Tj. Samak merupakan basis TKI Ilegal berangkat ke negara tetangga begitu juga sebaliknya tempat masuknya orang asing," jelas M. Diah.

Namun untuk mendirikan sebuah Pos UKK dengan pelayanan penuh bukan perkara mudah, karena dibutuhkan biaya yang besar dan SDM yang profesional. Selain itu juga harus didukung infrastruktur yang memadai seperti bangunan, listrik, jaringan Internet dan Transportasi.

Untuk mengatasi hal ini, Ka. Kanwil Kemenkum HAM Riau meminta dukungan dari Pemkab. Meranti terutama dalam pengadaan perangkat elektronik seperti Komputer, Server khusus, Print khusus Pasport, serta Mobiler berikut tranportasi operator yang diprediksi akan menghabiskan anggaran hampir 1 Miliar rupiah.

Seperti dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang Mariyana SH, keberadaan Pos UKK Ke-Imigrasian tersebut diyakini akan menghemat waktu, biaya semakin memperketat pengawasan Ke Imigrasian diwilayah Kec. Rangsang yang memiliki penduduk cukup besar itu.

"Kita mengharapkan dapat memberikan pelayanan Full kepada masyarakat Tj. Samak seperti layaknya yang dilakukan Imigrasi Selatpanjang," ujar Mariyana.

Dari penjelasan pihak Kemenkum HAM Riau yang disampaikan Kepala Divisi Imigrasi, peralatan yang memakan biaya mahal meliputi, Personal Komputer, Fingger Scan, Cetak Paspor, Printer dan Printer Pasport, Server Canggih, kursi pemohon dan petugas, meja dan lainnya.

Dan diakui Sekda atas nama Pemkab. Meranti siap memfasilitasi hal tersebut, bantuan sendiri direncankan akan diberi dalam bentuk Hibah kepada Kemenkum HAM Riau agar nantinya aset itu sepenuhnya menjadi milik Kemenkum HAM Riau.

Sekedar informasi, usai menggelar Rapat Koordinasi antara Pemkab. Meranti dan Kemenkum HAM Riau, dilanjutkan dengan kunjungan Ka. Kanwil Kemenkum HAM Riau HM. Diah dan Sekda Meranri H. Yulian Norwis  dan rombongan kelokasi Pos UKK diwilayah Tj. Samak. (Hms)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
2014 merantione.com, All Rights Reserved.