Home  / Berita
Roro Insit Beroperasi Sebelum Idul Fitri
Senin, 29 April 2019 17:56
MERANTI - Kabar gembira bagi masyarakat Meranti yang ingin memanfaatkan Fasilitas RoRo di Desa Unsit Laut penghubung Pelabuhan Buton Kabupaten Siak dan Pulau Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti, karena tak lama lagi tepatnya sebelum Idul Fitri 1440 H fasilitas ini akan difungsikan, dengan begitu masyarakat sudah dapat membawa masuk kendaraan roda 4 miliknya langsung ke Kota Selatpanjang.

Satu-persatu upaya Pemkab. Meranti dalam membuka aksesbilitas daerah mulai terwujud, jika tidak ada aral sebelum Lebaran Idul Fitri 1440 H Pelabuhan Roll On Rol Off (RoRo) Desa Insit Laut Kec. Tebing Tinggi Barat, penghubung Pelabuhan Buton Kab. Siak dan Pulau Tebing Tinggi Kep. Meranti siap dioperasikan. Seperti dituturkan Wakil Bupati H. Said Hasyim disela kunjungannya dilokasi, Bupati Meranti Drs. Irwan M.Si meminta kepada Dinas terkait untuk segera menuntaskan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Meranti, Senin (29/4/2019).

Turut meninjau bersama Wakil Bupati, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kepala Dinas PU H. Herman, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Meranti Syahril dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam peninjauan Wakil Bupati mendapati fisik gedung pelabuhan RoRo Insit laut lengkap dengan lampu penerant yang dibangun dengan Dana APBN Tahun 2017-2018 sebesar 140 Miliar sudah tuntas 100 persen. Tinggal lagi jalan penghubung atara pelabuhan dengan jalan utama sepanjang kurang lebih 8 Meter masih terkendala, selain itu Pemkab. Meranti juga akan menggesa pekerjaan kontruksi peningkatan jalan M. Yakup Insit laut sepanjang 1.3 KM dan Lebar 10 M yang menjadi jalan akses menuju pelabuhan untuk menuntaskannya Pemkab. Meranti telah menyiapkan anggaran sebesar 10 Miliar.

Untuk proyek pekerjaan kontruksi peningkatan jalan M. Yakup Insit Laut sepanjang 1.3 KM seperti dijelaskan Rahmat dari Dinas PU Meranti, sedang dalam proses lelang dan tak lama lagi mulai dikerjakan.

"Ini sudah dalam proses lelang, selesai lelang akan langsung kita bangun semoga sebelum lebaran selesai," ujar Rahmat selaku PPTK dari Dinas PU Meranti.

Sementara untuk pengerjaan jalan keluar gedung pelabuhan menuju jalan utama yang sedikit curam sepanjang 8 Meter akan dikerjakan oleh Dinas PU Meranti berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan sebagai tambahan selain jalan akses ini Pemkab. Meranti juga akan membangun pelataran parkir kendaraan yang tepat berada dibelakang gedung pelabuhan RoRo. 

"Saya minta dibuatkan area parkir kendaraan segera lakukan ganti rugi lahan dengan melibatkan tim apreisal," ucap Wakil Bupati kepada Dinas terkait.

Menyikapi permintaan dan target yang diberikan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, dua kepala Dinas terkait optimis dapat merealisasikannya karena dari hasil peninjauan tidak ditemukan kendala yang berarti. Untuk menggesanya terlihat Kepala Dinas PU H. Herman dan Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready langsung berkoordinasi dengan jajaran untuk segera menyusun rencana menuntaskan pembangunan infrastuktur pendukung ini. (Hms)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
2014 merantione.com, All Rights Reserved.