Home  / Berita
Camat Lubuk Dalam Siak Belajar Tanam Keladi Ungu di Desa Darussalam Sinaboi
Rabu, 13 Mei 2020 15:21
Camat Lubuk Dalam Andi sedang belajar bercocok tanam keladi ungu bersama petani, didampingi Camat Sinaboi TM Hasim dan Datuk Penghulu Darussalam Rahmad Abdah.

SINABOI Camat Lubuk Dalam Kabupaten Siak, Andi Putra, SSTP, MSi mengunjungi Desa/Kepenghuluan Darussalam Kecamatan Sinaboi Kabupaten Rokan Hilir untuk mempelajari cara bercocok tanam keladi ungu, Selasa (12/5/2020).

 

Setibanya di Kepenghuluan Darussalam, Camat Lubuk Dalam disambut oleh Camat Sinaboi TM Hasim, S.Sos didampingi Datuk Penghulu Darussalam Rahmad Abdah, SHi. 

Camat Lubuk Dalam mengatakan bahwa dirinya mengunjungi Desa Darussalam atas keingintahuan akan keberhasilan keladi ungu di Kepenghuluan Darussalam Kabupaten Rokan Hilir.

“Di lubuk Dalam terhampar lahan gambut sekitar 4000 Ha. Maka atas dasar tersebut kami ingin belajar apakah cocok juga jika lahan tersebut ditanami keladi ungu,” ujarnya.

Kunjungan yang singkat itu, didapat hasil bahwa dalam 1 ha lahan diperlukan 20-25 ribu bibit keladi ungu dengan masa panen lebih kurang 7 bulan. Sedangkan hasil panen didapat lebih kurang 20 ton per hektar dengan harga pasaran saat ini Rp. 6000/ kg. 

Selanjutnya, Datuk Penghulu Darussalam menyampaikan bahwa bercocok tanam keladi ungu cukup hanya melihat cultur tanah. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Camat Lubuk Dalam Kabupaten Siak yang telah mengunjungi Kepenghuluan Darussalam walaupun dalam waktu yang singkat," ungkap Rahmad. 

Sebenarnya, lanjut dia, kunjungan tersebut juga arahan dari Gubernur Riau H Syamsuar untuk belajar di Kepenghuluan Darussalam tentang bagaimana cara menanam keladi ungu yang sudah tersohor di mana-mana. 

Dirinya juga berharap kepada Pemda Rokan Hilir untuk memperhatikan akses jalan yang kurang memadai, karena kondisi jalan saat ini membuat banyak kos pengeluaran petani yang mengakibatkan pendapatan turun drastis. (rif)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.merantione.com


Tinggalkan Komentar

Nama*
Email*
Website
Komentar*

* Masukkan kode diatas!
BACK TO TOP
Tentang Kami. Redaksi. Pedoman Media Siber. RSS. Kontak. Mobile Version
2014 merantione.com, All Rights Reserved.